Fokus Penulisan, Dosen FMIPA UNIROW adakan Workshop On Mendeley

Fokus Penulisan, Dosen FMIPA UNIROW adakan Workshop On Mendeley

Sebanyak 34 dosen Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban mengikuti Workshop On Mendeley Reference Manager yang diselenggarakan oleh dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unirow Tuban. Bertempat di Aula Rektorat Lantai 2.

                   

Kegiatan tersebut menggandeng narasumber dari dosen FMIPA, Dwi Oktafitria, M.Sc., dan Ahmad Zaenal Arifin, M.Si. Dilangsungkan selama dua hari, mulai Rabu (15/01) hingga Kamis (16/01).

Adapun saat pembukaan, kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Orang nomor satu di Unirow, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes. Ia berpesan agar kelak diadakan lagi workshop mendeley sesi II, sehingga dosen-dosen yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut dapat mengikuti pada sesi II.

Selain itu Dwi Oktafitria, M. Sc., salah satu pemateri memaparkan agenda kegiatan workshop mendeley reference manager, pada hari pertama difokuskan pada langkah-langkah pengoperasiannya dengan fitur yang ada di dalamnya. Hari kedua, merupakan hari penugasan kepada peserta, dimana para peserta mengaplikasikan pada artikel ilmiahnya masing-masing. Baik yang sudah terpublikasi ataupun yang belum.

                        

Ketua pelaksana, Sriwulan, S.Pd., M.Si. juga menjelaskan , Mendeley adalah aplikasi gratis yang berkaitan dengan sitasi. Sitasi merupakan sumber kutipan yang berkaitan dengan bidang penulisan  seperti, Jurnal, dan Artikel Ilmiah yang mana berfungsi sebagai sumber referensi untuk menghindari Plagiarisme. Kegiatan ini kami fokuskan bagi dosen di lingkungan Unirow, hal tersebut mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya penelitian.

 

Boleh dibilang kegiatan ini sangat sederhana. Akan tetapi, bisa menjadi krusial ketika dikaitkan dengan penulisan (Artikel Ilmiah). Artikel tersebut menjadi salah satu tolok ukur penilaian bagi dosen di Perguruan Tinggi yang akan dan sudah di Publish.

 

 

Sementara itu, salah satu peserta Sri Musrifah, M.IP. menegaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah dosen di bidang penulisan seperti, Jurnal, dan lain-lain. Sebab, dalam setiap karya tulis pasti membutuhkan kutipan sebagai referensinya. Maka, di situlah peran mendeley bagi dosen.

 

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar