Penanaman Pohon, Sebagai Bentuk Kegiatan Peduli Lingkungan

Penanaman Pohon, Sebagai Bentuk Kegiatan Peduli Lingkungan

Himpunan Mahasiswa Biologi Ronggolawe (HIMBIOR) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menyelenggarakan penanaman  dan pelestarian sumber mata air gembul yang terletak di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Minggu (07/07/18).

1_1

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 12.00 tersebut diikuti oleh berbagai kalangan kelompok yang ada di wilayah Tuban. Kelompok yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain, mahasiswa, pelajar, dosen, perwakilan dari Ecoton, aktivis lingkungan, dan masyarakat setempat.

Sebelum dimulai penanaman pohon, kami  mendapatkan materi dari bapak ecoton . beliau menjelaskan bahwa satu pohon yang kita tanam dapat menyelamatkan banyak organisme, karena plasma nutfah sangat berpengaruh terhadap ekosistem yang ada.

  

Haqi sebagai koordinator kegiatan juga  memaparkan, dalam rangka memperingati hari bumi yang  merupakan salah satu bentuk peduli lingkungan dari Prodi Biologi UNIROW, kami ingin menjaga sumber mata air yang ada di Tuban, yang pada kesempatan kali ini bertempat di sumber mata air gembul. Dalam hal ini ada 200 bibit tanaman yang kami sediakan untuk ditanam di sekitar mata air. Selain itu kami juga bekerjasama dengan pihak karang taruna setempat dalam upaya pelestarian sumber mata air gembul. Mereka juga memberitahu bahwa ada lahan yang tidak boleh digunakan untuk melakukan penanaman, sebab lahan tersebut milik salah seorang warga.

 

 “Kegiatan semacam ini sangat positif sekali. Selain mengedukasi masyarakat dan kaum milenial terkait pentingnya pelestarian tumbuhan dan mata air, kegiatan ini juga mampu mempersatukan dan mempererat persaudaraan antar komunitas yang mengikuti kegiatan tersebut” ujar Aziz, salah seorang peserta.

 

Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini, sumber mata air yang ada di gembul bisa terjaga dan ketika tanaman tumbuh dan berbuah bisa dimakan satwa endemik di sini, Selain itu juga dapat mengurangi dampak pemanasan global.

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar