Capaian Lulusan
Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Undang-Undang Perguruan Tinggi Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 29 ayat 1 bagian kelima terkait Kerangka Kualifikasi Nasional merupakan penjejangan capaian pembelajaran yang menyetarakan luaran bidang pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja dalam rangka pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagi sektor. Kerangka Kualifikasi Nasional sebagaimana tersebut menjadi acuan pokok dalam penetapan kompetensi lulusan pendidikan akademik program studi matematika.
Kompetensi utama yang harus dimiliki oleh lulusan Program Studi Biologi adalah mampu menjadi ilmuwan dan peneliti dalam mengembangkan biologi, pengelolaan dan konservasi sumber daya hayati dengan indikator mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah dengan menerapkan sikap ilmiah dalam bidang Biologi.
Kemampuan Umum
- Mampu menjadi peneliti dan bekerja dalam bidang keilmuan biologi.
- Mampu memanfaatkan Sumber Daya Alam dalam pengembangan ekonomi dan memiliki jiwa entrepreneurship.
1. Aspek Pengetahuan dan Pemahaman
- Menguasai konsep- konsep yang mendasari Biologi Modern, yang meliputi teori relativitas dan konsep
- Menguasai penggunaan konsep-konsep Biologi dan Permasalahannya pada berbagai tingkatan sistem, mulai dari sistem Molekul, sel, organ, sistem organ, jaringan, individu, populasi, Komunitas, Ekosistem, dan Bioma.
- Menguasai berbagai eksperimen dasar dan beberapa eksperimen lanjut dalam ilmu
- Menguasai berbagai cabang ilmu kimia dan farmasi yang dibutuhkan dalam penguasaan berbagai cabang ilmu
- Menguasai beberapa konsep konsep mutakhir Biologi Modern dan aplikasi Biologi pada bidang Ilmu Peternakan, pertanian, perikanan dan kelautan, pangan, kesehatan,dan Konservasi sumberdaya hayati.
2. Aspek Keterampilan khusus
- Terampil mengidentifikasikan suatu permasalahan Biologi dinyatakan dalam konsep- konsep
- Terampil membuat dugaan/hipotesis terhadap suatu permasalahan
- Terampil merencanakan dan merancang eksperimen dalam bidang Biologi dan menyimpulkan hasil ekseperimen tersebut.
- Terampil merumuskan aplikasi ilmu Biologi untuk menyelesaikan masalah-masalah alam dan masalah dalam kehidupan manusia baik secara kualitatif maupun
- Terampil memecahkan masalah biologi terutama dalam pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Hayati dan Konservasi lingkungan.
- Terampil dalam mengembangkan ilmu biologi untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati dalam pengembangan ekonomi dan kewirausahaan yang berkelanjutan.
- Terampil dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
3. Aspek Ketrampilan Umum
- Memiliki kemampuan mengkaji implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah
- Memiliki kemampuan untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
- Memiliki kemampuan menerapkan pikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknoligi sesuai bidang keahliannya
- Memiliki kemampuan untuk mempresentasikan, mengkomunikasikan dan memberikan argumentasi suatu konsep/ide terkait dengan bidang ilmu Biologi dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.
- Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri maupun bekerjasama dalam suatu tim kerja/tim riset.
- Memiliki kemampuan untuk mengawasi dan mengarahkan suatu praktikum/eksperimen bidang ilmu Biologi
- Memiliki kemampuan mengembangkan jejaring kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Memiliki kemampuan membuat publikasi hasil penelitian dalam bentuk jurnal, buku, atau prosiding
- Memiliki kemampuan memanfaatkan hasil penelitian untuk kepentingan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati dalam pengembangan ekonomi dan kewirausahaan yang berkelanjutan.
- Memiliki kemampuan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan analisis terhadap informasi dan data.
4. Aspek Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap yang relegius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orang lain
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasakan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi semangat kemandirian, dan kewirausahaan
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri