Stand Bazar dalam acara Dies Natalis UNIROW ke VI dan Wisuda UNIROW ke XI dan XII

Stand Bazar dalam acara Dies Natalis UNIROW ke VI dan Wisuda UNIROW ke XI dan XII

Himpunan Mahasiswa Biologi Ronggolawe memiliki 4 Divisi kerja, yang mana masing-masing divisi memiliki program kerja, dan salah satunya adalah Divisi Kewirausahaan. Di Divisi Kewirausahaan mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan mendapatkan input atas kreativitas tersebut, membuat sesuatu yang bernilai jual dan sesuai dengan bidang biologi. Untuk melatih mahasiswa agar tidak hanya pandai membuat produk namun juga bisa memasarkan sebuah produk maka Divisi Kewirausahaan memanfaatkan event besar kampus untuk melaksanakan kegiatan tersebut yaitu dengan mengikuti bazar dan menjual produk-produk sehat.

 

Bazar dilaksanakan pada tanggal 4-5 Januari dan 24 November 2017 di Halaman Panggung Wisuda UNIROW dan Gedung Graha Sandiya Merakurak. dan mahasiswa menjual makanan kecil atau yang biasa disebut dengan snack, makin hari kian digemari oleh khalayak umum baik dari yang muda hingga yang tua. Terlebih lagi apabila makanan tersebut dibuat dengan ukuran yang jauh lebih kecil atau mini, menggelitik rasa gemas pembeli dan membuat mereka tertarik untuk membelinya. Oleh karena itu, Kami mahasiswa biologi membagi tugas menjadi dua tim, yaitu tim produksi dan tim penjualan. Secara keseluruhan tim kami sangat kompak dan fleksible yang mana setelah tim produksi selesai bertugas maka pada bagian tugas penjualan akan dilakukan secara bergantian oleh seluruh anggota kelompok yang disesuaikan dengan jadwal telah diatur.

Suasana Bazar dengan mahasiswa Tim Penjualan

 

Suasana pembuatan produk dengan tim Produksi

 

Tim yang terdiri dari mahasiswa biologi ingin sekali mendapatkan peluang usaha dari bazar yang diselenggarakan hanya dalam kurun waktu 1 hari dengan memanfaatkan rasa tertarik masyarakat terhadap snack bervariasi dari bahan alam yang belum banyak dimanfaatkan yaitu snack rasa daun kelor, snack dari buah naga, dan snack dari bahan daging.

 

Tapi tidak hanya itu saja, tim juga akhirnya menjual ice criem jagung yang diterbuat dari jagung dan ice telo yang terbuat dari telo. Sebelum bazar dimulai, tim berharap bahwa konsep makanan snack dan ice criem yang terbuat dari bahan alami yang dijual akan lebih mendapatkan perhatian publik di dalam maupun sekitar kampus dan juga di sekitarnya. Tim percaya bahwa sesuatu yang sifatnya biasa saja  kecil bisa dengan mudahnya dijangkau dan diminati karena disamping enak, snack" ini dan ice criem sangat aman untuk kesehatan karena mengandung bahan dasar yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

Pada kesempatan kali ini selama satu minggu sebelum bazaar dibuka, kami telah mempromosikan  produk melalui  jejaring social ataupun secara langsung  kepada teman dan keluarga. Disini kami menjual 5 macam jenis makanan dan ice criem sayur favorit yang banyak digemari mahasiswa  yaitu terdiri dari snack buah naga, snack daun kelor, snack ikan, ice criem jagung dan ice criem telo Disamping itu karena tempat penjualan kami terfokus  di area kampus maka Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau bagi mahasiswa

 

Dalam proses pembuatan dagangan semua dilakukan oleh mahasiswa biologi sendiri.  Untuk modalnya sendiri menggunakan uang dagangan sebelumnya dan menggunakan uang kas kelas .

 

Respon diadakan kegiatan ini sangat direspon baik sekali dari dosen" biologi atau pun dari masyarakat karena produk ini benar" berasal dari bahan" yang aman tanpa bahan pengawet. Dan khusus nya bagi kesehatan pun sangat baik

 

Kegiatan seperti ini sangat berguna bagi para mahasiswa, untuk mengembangkan potensi berwirausaha. Dari kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari kami menyimpulkan bahwa kegiatan bisnis membutuhkan aspek kesabaran dan perjuangan yang tidak mudah, harus bisa memahami keinginan para konsumen dan melayani dengan sebaik mungkin guna mendapatkan hasil penjualan yang memuaskan.

 

Rekomendasi yang dapat kami ajukan adalah untuk mengadakan kembali kegiatan seperti ini dikemudian hari dengan waktu pelaksanaan yang lebih lama dengan jumlah barang yang dijual lebih variatif bukan hanya dari segi makanan, mengingat kegiatan ini bisa sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi usaha dikalangan mahasiswa.

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar