TEMU AKRAB MAHASISAWA FMIPA UNIROW

TEMU AKRAB MAHASISAWA FMIPA UNIROW

Acara temu akrab jurusan merupakan agenda tahunan yang diselengarakan oleh mahasisawa Biologi. Temu akrab merupakan salah satu acara dan kegiatan tahunan dari pogram studi biologi untuk menyambut mahasiswa baru menjadi keluarga besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. tujuannya adalah untuk menjalin kebersamaan dan keakraban antara dosen, mahasiswa, dan mahasiswa baru. Namun ada yang berbeda dari tahun ini, 2 program studi yaitu matematika dan biologi mengadan TA secara bersama-sama. Temu akrab yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Ronggolawe (Himbior) bertema tentang “Training and Solidarity”. Dengan tema tersebut sebagai pengenalan dunia perkuliahan yang akan mereka hadapi. Dan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, loyalitas, dan solidaritas yang tinggi dalam ruang lingkup yang positif dan menjalin keakraban antara dosen, kakak tingkat dan mahasiswa baru.

Kegiatan ini di lakukan pada tanggal 20 sampai 22 Oktober 2017 dan bertempat di KPH Perhutani Desa Sumberagung Dusun Sundulan Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Kegiatan tersebut diikuti olah 70 peserta, yang terdiri dari mahasiswa angatan 2014 jurusan Matematika dan Biologi, angakatan 2017 jurusan Matematika dan Biologi, angkatan 2013 jurusan Matematika dan Biologi, dan bapak ibu dosen FMIPA.

Susunan kegiatan acara dimulai dari pada hari pertama persiapan brakat menuju lokasi, pendidirian tenda yang dilakukan secara bersama-sama. sholat berjamah, makan siang bersama, pembukaan acara, dan dilanjut  pengenalan tentang himpunan, sekitar pukul 17.30-19.00 yaitu istirahat. Kemudian dilanjut kan dengan acra pengenalan tentan matakuliah dari masing-masing bidang setudi seperti matematika dan biologi. Respon perserta dalam kegiantan ini yaitu cukub baik sehingga menimbulkan rasa kekeluargaan yang kuat antar mahasiswa baru dengan kakak tingan dan dosen. Pukul 22.00 para peserta istirahat dan tidur untuk melanjutkan jadwal kegiatan  di pagi hari.

Pada hari kedua kegiatan yang dilaksanakan yaitu pada pagi hari berjamaah sholat subuh, kemudian sambil menunggu sarapan, kita melaksanakan senam pagi. Senam kewer – kewer yang menambah semangat pada pagi itu. Senam di ikuti oleh semua peserta dan panitia, pada waktu senam satu persatu dari kelompok yang sudah dibagi maju untuk menjadi instruktur didepan, serta menciptakan gerakan – gerakan senam yang menarik. Sebelumnya kelompok sudah dibagi pada hari pertama setelah pembukaan, untuk kelompok kemah akrab ini, dibuat sistem gabungan yang bertujuan supaya adik tingkat lebih akrab dengan kakak tingkat. Supaya tidak ada perbedaan antara senior dan junior, juga bisa menambah erat persaudaraan di Fmipa, karena di Fmipa menjunjung tinggi solidaritas itu sangat penting. Setelah selesai senam yaitu sarapan pagi, dengan menu sederhana yang beralaskan daun, sambil dimakan dibawah pohon dengan bersama – sama menambah rasa nikmat pada saat itu.

Berikutnya yaitu bersih – bersih, sebelum melangkah untuk berjelajah di hutan kita dilarang meninggalkan sampah di sekitar tenda dan tempat lainnya. Sebelum kegiatan penjelajahan peserta dikumpulkan terlebih dahulu sesuai dengan kelompok nama ilmuwan, sebelum berangkat peserta wajib menunjukkan yel – yel dari masing – masing kelompok tersebut. Pada rute penjelajahan terdapat beberapa pos, tapi untuk penjelajahan berdasarkan himpunan masing – masing, jadi himbior dan himatika terpisah. Setelah penjelajahan selesai, peserta wajib mempresentasikan hasil yang diperoleh di pos-pos tersebut, dan dipresentasikan di depan dosen – dosen. ketika sore hari seluruh mahasiswa FMIPA menjadi peserta outbond, dan yang menjadi panitia adalah ibu bapak dosen, karena ini adalah Outbond cerdas berkualitas.

Dilanjutkan dengan istirahat dan peserta kemah mempersiapkan untuk pentas seni di malam hari. Malam hari merupakan malam puncak dari acara. Malam dimana pengukuhan mahasiswa baru menjadi anggota di FMIPA, dan malam perpisahan bagi kakak-kakak tingkat angkatan 2013. Sebelum perpisahan para peserta wajib menampilkan pentas seni. Ada yang menyanyi, hadroh, puisi, joget dan pembagian hadiah outbond. Setelah acara pentas seni usai mahasiswa dari prodi biologi dan matematika dipisah sejenak untuk mendengarkan pesan dari ibu dan bapak dosen masing-masing. Dilanjut dengan istirahat untuk prepare pulang keesokan harinya

Pagi sebelum pulang, seluruh peserta membersihkan lokasi kemah dan membongkar tenda. Ditutup dengan apel penutupan dan peserta diperbolehkan pulang kerumah masing-masing

Kegiatan ini sangat dibutuhkan sebagai wadah mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh mengenai program studi yang ditempuh, karena kegiatannya merupakan kilas atau gambaran tentang matakuliah nantinya. Sehingga perlu untuk diadakan tiap tahunnya

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar